July 14, 2016

Tentang Kami

Ikan Dewa atau di berbagai daerah lain dikenal sebagai ikan udikan, kambangan, ikan Tambra, ikan kancra, ikan jurung, ikan Semah adalah salah satu jenis ikan yang terdapat di sepanjang aliran sungai disekitar Gunung Slamet antara lain Sungai Serayu, Sungai Klawing, Sungai Comal dan beberapa aliran sungai diwilayah Kabupaten Banyumas, Pemalang , Pekalongan, Purbalingga dan Wonosobo.

Di Dunia internasional ikan ini dinamakan Mahseer Fish yang merupakan ikan dengan nilai ekonomis yang sangat tinggi baik sebagai ikan konsumsi maupun ikan hias. Sedangkan nama ilmiah dari ikan ini adalah Tor Soro / Tor Tambra yang merupakan keluarga dari Tor Sp. dimana sebaran ikan ini mulai dari Pulau Sumatra, Kalimantan dan Pulau Jawa.

Ikan Dewa memiliki tekstur dan cita rasa daging yang enak sehingga pada masa dahulu kala menjadi sajian khusus bagi para Raja dan Bangsawan. Khususnya di suku Batak ikan ini disebut juga dengan IHAN yang merupakan ikan persembahan dalam upacara adat sebagai perlambang kesuburan dan kemakmuran. Di beberapa daerah seperti di Kuningan Jawa Barat, Banyubiru Pasuruan, Rambut Monte Blitar, Aek Sirambe Sumartra Utara, Batang Tiku Padang ikan ini dikeramatkan sehingga tidak ada seorangpun yang berani mengambilnya.

Di Jakarta, Medan dan beberapa kota besar ikan dewa menjadi menu special di Restoran Exclusive dengan harga per porsinya bisa mencapai Rp. 1.000.000 untuk ukuran 1 kg. Dimancanegara khususnya di Malaysia di kenal sebagai Ikan Kelah yang merupakan ikan konsumsi yang sangat mahal, juga sebagai ikan hias yang hampir sekelas dengan ikan Arowana. Sangat disayangkan keberadaan ikan ini makin lama makin langka dijumpai di habitat alamnya, dikarenakan penangkapan yang berlebihan serta penggunaan alat alat tangkap ikan yang tidak ramah lingkungan seperti strum, portas dan bom.

Demi melihat kondisi tersebut maka kami secara swadaya melakukan kegitan budidaya Ikan Dewa di tempat kami di Desa Karang Tengah Kecamatan Cilongok Kab. Banyumas. Dimulai dari tahun 2010 dan setelah hampir 3 tahun melakukan percobaan dalam pembenihan dengan berbagai metode maka dengan arahan dan bimbingan dari Bapak Sidi Asih yang pada saat itu adalah salah satu peneliti dari Balai Benih akhirnya kami telah berhasil melakukan pemijahan Ikan Dewa di kolam kami secara intensive. Untuk saat ini kami adalah satu satunya swasta yang berhasil membudidayakan Ikan Dewa ini di Indonesia. Saat ini dikolam kami terdapat ribuan indukan kan Dewa yang siap dipijahkan dan dipasarkan ke seluruh wilayah Indonesia.

 

Visi & Misi

Dengan latar belakang tersebut di atas, kami secara mandiri telah melakukan budidaya ikan dewa di kolam kami yang berlokasi di Desa Karang Tengah Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Adapun Visi dan Misi kami adalah :

Visi : Menjadikan ikan dewa sebagai ikan konsumsi yang bergizi tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein masyarakat dan turut serta dalam menjaga kelestarian ikan dewa dari bahaya kepunahan.

Misi : Menjadikan budidaya ikan dewa sebagai budidaya ikan unggulan yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat khususnya peternak ikan dewa di Wilayah Kecamatan Cilongok dan Sekitarnya.

 

Lokasi

Alamat : Jalan Raya Curug Cipendok, Karang Tengah, Cilongok, Banyumas