Misteri Ikan Keramat Di Desa Rianiate Tapanuli

Berbagai macam binatang di dunia menemani kehidupan manusia. Mau yang hidup di darat, laut dan udara. Tapi, ada juga lho binatang yang dianggap keramat sama orang, bisa karena faktor budaya, atau hanya mitos turun menurun.

Katanya tuh, ada gerombolan ikan yang dikeramatkan di salah satu wilayah Indonesia. Kok Bisa ikan aja keramat? padahal ikan adalah makanan sehari hari untuk manusia.

Pemandangan menarik ditemui di Desa Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Ribuan ikan jurung berukuran rata-rata 50 sentimeter dengan berat mencapai dua kilogram, hidup liar di sebuah sungai kecil. Ikan-ikan tersebut sudah mendiami sungai itu hampir 100 tahun terakhir.

Tidak sedikit warga yang tewas saat mencoba mengambil ikan tersebut. Keanehan lain, ikan-ikan tersebut berenang tidak pernah jauh dari masjid yang terletak di pinggir sungai. Karena kepercayaan magis itu, penduduk tidak berani mengganggu, apalagi menangkap ikan tersebut. Sebuah kepercayaan yang mampu mempertahankan keberlangsungan hidup ikan jurung hampir satu abad.

Hal itu pula yang membuat ikan jurung tidak merasa takut bila ada warga beraktivitas di sungai. Mereka tidak bersembunyi atau menyelam saat ada warga mandi atau mencuci. Bahkan, seolah mengajak main, ikan-ikan tersebut berada di sekitar orang yang beraktivitas di sungai.

Sumber : forum.viva.co.id

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.