Ikan Keramat di Desa Mungguak

Oleh : Uji Maihendrix

Populasi ikan berusia ratusan tahun, dinilai keramat. Siapapun yang menangkapnya, biasanya tewas. Sososknya, mencapai ukuran 2 meter. Habitatnya, di bawah jembatan Batang Tiku.

Desa Mungguak, kabupaten Padang Pariaman, Sumbar. Berposisi dibawah jembatan yang di sebut orang jembatan Batang Tiku, Jembatan yang menghubungkan antara desa Batu Basa dan desa Sungai Geringging. dibawahnya mengalir sungai kecil yang bernama Batang Tiku.

Di bawah jembatan Batang Tiku terdapat populasi ikan Gariang yang hidup udah ratusan tahun. Dan telah mengangkat nama Padang Pariaman ke berbagai penjuru. Terlebih akses jalan yang bagus serta sudah diaspal.

Selain ikan keramat, keadaan sekitar yang sangat sejuk, memberikan ketertarikan tersendiri bagi pengunjung. Tak etis rasanya bila berkunjung tidak membawa kacang dan merasakan langsung kegembiraan saat bercanda ria dengan ikan keramat itu.

”Benar-benar kegembiraan tersendiri saat memegang ikan keramat ini, air yang jernih serta suasana sejuk membuat kita ketagihan untuk mengununginya,” ucap Febri (20),salah seorang pengunjung

Konon kabarnya. Dahulu ada seorang ulama tinggal di desa itu, beliau dikenal sakti dan yang mebibitkan ikan keramat itu. Dia menanamkan jimat dan berultimatum. “Bagi siapa saja yang menangkap ikan disini, akan kualat. Begitu kira-kira ultimatum yang diucapkannya,” ungkap salah seorang warga.

Sayangnya sebelum dia mencabut jimat dan menarik ultimatumnya, dia keburu meninggal. “Cerita itulah yang sampai saat ini dipercaya oleh masyarakat Mungguak,” ungkap ibu separuh baya yang saat itu juga berada disana.

Pesona ikan keramat ini sehingga sampai berukuran 2 meter: “Benar-benar mengagumkan!” Itulah kata-kata yang yang terucap bagi siapa saja yang mengunjunginya, tidak etis rasanya jika anda berkunjung kesana tidak membawa roti atau kacang yang akan diberikan kepada ikan keramat ini.

Untuk sekedar pemberitahuan bagi pengunjung bila sekedar memegang ikan lalu menaruhnya lagi ke dalam air itu diperbolehkan, jika ketahuan menangkap ikan maka akan dikenai denda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *